SKM

SIPP Web

E-Court

Radius Perkara

Jadwal Sidang

Pengumuman

Mahkamah Syar'iyah Bireuen Menerima Pendaftaran Eksekusi Lelang Hak Tanggungan

Published in Info Terkini
Written by  07 September 2015
Rate this item
(0 votes)

Undang Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok Agraria telah menyebutkan bahwa hak atas tanah dapat dijadikan jaminan utang pada Bank dengan pembebanan hak tanggungan yang terdiri dari hak milik, hak Guna usaha dan hak Guna Bangunan. Bank sebagai lembaga pembiayaan terhadap orang perorangan dan Badan Hukum dapat meminjam uang pada Bank, apakah Bank konvensional maupun Bank Syariah yang dibebani dengan hak tanggungan yang didaftarkan pada kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten/Kota.

 

Setiap orang dan Badan Hukum dalam melakukan transaksi  hukum berupa perjanjian (akad) antara Bank Syariah dengan debitur haruslah dibuat perjanjian dihadapan Notaris setelah dilengkapi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Paraturan Perundang-undangan sebagai mana terdapat dalam pasal 1320 Kitab Undang Undang Hukum Perdata dan apabila terjadi sengketa antara Bank dengan debitur, maka penyelesaiannya dilakukan oleh Pengadilan dalam hal ini adalah Pengadilan Agama atau Mahkamah Syar’iyah, sebagaimana terdapat dalam pasal 55 Undang Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah Jo Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 93/PUU-X/2012 tanggal 29 Agustus 2013. 

Sampai pada hari ini Rabu tanggal 6 Mei 2015 Mahkamah Syar’iyah Bireuen telah menerima pendaftaran permohonan eksekusi hak tanggungan yang diajukan oleh PT. Bank Mega Syariah yang berkedudukan di Lhokseumawe sebanyak 11 permohonan. Diplihnya Mahkamah Syar’iyah Bireuen sebagai tempat pendaftaran permohonan adalah karena objek eksekusi berada dalam wilayah hukum Mahkamah Syar’iyah Bireuen.

Permohonan tersebut didaftaran pada Mahkamah Syar’iyah Bireuen tersebut terjadi karena pihak debitur (nasabah) tidak dapat melaksanakan kewajibannya cidera janji, ingkar janji (wan prestasi) sehingga pihak kreditur telah memberikan somasi (teguran) sebanyak 3 kali kepada nasabah namun nasabah tetap dapat memenuhi kewajibannya untuk melunasi utang pada PT. Bank Mega Syariah yang berkedudukan di Lhokseumawe.

Pada tanggal 30 April 2015 telah dilaksanakan sidang aanmaning sebanyak 5 perkara sedangkan sisanya sebanyak 6 perkara akan dilaksanakan sidang aanmaning pada tanggal 21 Mei 2015, mudah-mudahan dengan dilaksanakan sidang aanmaning  tersebut para Termohon dapat melunasi hutangnya pada PT. Bank Mega Syariah;  

Video Profil

Link Website

Statistik Pengunjung

 
 

Siwas

LPSE

SIPP MA-RI

Direktori Putusan

Komdanas