UPDATED
Apel Pagi Mahkamah Syar'iyah Biruen - Monday, 07 September 2015 10:46
Audiensi Tim Biro Aset BUA MA-RI dengan Bupati Bireuen - Thursday, 11 October 2018 10:24
Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Audit Kinerja dan Integritas di MS-Bireuen - Monday, 10 April 2017 11:33
Biro Hukum dan Humas MA-RI Kunjungi Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 28 April 2016 16:14
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 15 June 2017 11:58

Mahkamah Syar'iyah Bireuen Laksanakan Sidang Isbat Nikah Pelayanan Terpadu Tahun 2016

Published in Info Terkini
Written by  20 September 2016
Rate this item
(0 votes)

Salah satu Program Pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu adalah dengan melaksanakan persidangan Perkara Permohonan Isbat Nikah  (Yandu) terhadappasangan  suami istri yang belum memiliki buku nikah. Mahkamah Syar’iyah Bireuen telah menerima pendaftaran perkara Permohonan Isbat Nikah Pelayanan Terpadu (yandu) sebanyak 50 Perkara yang bersal dari 15 Wilayah Hukum Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

Pada hari Senin tanggal 19 September 2016 pukul 09:00 WIB, Mahkamah Syar’iyah Bireuen telah melaksanakan persidangan Perkara Permohonan Isbat Nikah Pelayanan Terpadu yang bertempat di Aula Sekretaris Daerah Jln. Malahayati No.101 Kabupaten Bireuen. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen NomorWI-A9/1021/Hk.05.VIII/2016 tanggal 02 Agustus 2016 telah menunjuk Hakim Tunggal dan Panitera/Penitera Pengganti dan Jurusita untuk menyidangkan perkara Permohonan Isbat Nikah Pelayanan Terpadu.

 

Adapun Hakim Tunggal, Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti yang menyidangkan perkara tersebut yang terdiri dari 5 Hakim Tunggal, 5 Panitera Pengganti dan 1 Jurusita Pengganti adalah sebagai berikut :

Hakim Tunggal :

1.     Dra. Rubaiyah

2.     Siti Salwa, S.H.I

3.     Muhammad Nawawi S.H.I, M.H

4.     Haris Luthfi, S.H.I, M.A

5.     Zulfikri, S.H.I., M.H.

Panitera Pengganti :

1.     Drs. Marzuki

2.     Hurriyah, S.Ag

3.     H. Jamilah, S.H

4.     Dra. Rosdiana

5.     Rahmawati

Jurusita Pengganti :

        Safrina, SE

Berdasarkan penelurusan tim redaksi Mahkamah Syar’iyah Bireuen, para Pemohon yang mengikuti pelaksanaan sidang itu  adalah para korban konflik dan masyarakat yang kurang mampu, karena saat pernikahan dahulu tidak dapat dilangsungkan di Kantor Urusan Agama masing-masingtepat tinggal para Pemohon karena pada umumnya Kantor Urusan Agama Kecamatan tutup atau tidak berfungsi sehingga mereka mengambil jalan pintas melaksanakan pernikahan secara sirri, namun syarat dan rukun nikah tetap terpenuhi.Dari 50 perkara yang disidangkan hanya 1 (satu) perkara ditolak disebabkan pasangan suami istri tersebut masih terikat secara hukum dengan status perkawinan yang lama dan sedangkan 1 perkara lagi terpaksa  digugukan disebabkan pasangan suami istri tersebut tidak menghadap persidangan dan tidak pula menyuruh orang sebagai kuasanyauntuk menghadap persidangan,  meskipun pasangan suami istri tersebut telah dipanggil secara sah dan patut.

Pelaksanaan persidanganPelayanan Terpadu ini menghasilkan 3 (tiga) dokumen penting yaitu Penetapan Isbat Nikah, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran. Dinas Syariat Islam Propinsi Aceh selaku panitia pelaksana telah mengganggarkan dana untuk pelaksanaan Isbat Nikah Pelayanan Terpadu tersebut khusus untuk pendaftaran biaya perkara, operasional pelaksanaan dan transportasi  saksipara Pemohon.

 

 

 

Tepat pada pukul 17,00 WIB pelaksanaan persidangan perkara permohonan  Isbat Nikah Pelayanan Terpadu ditutup dan Para Hakim Tunggal, Panitera/Panitera Pengganti, Jurusita Pengganti dan operator dari Mahkamah Syar’iyah Bireuen berpamitan dengan Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen, Para Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuenpulang menuju Kantor Mahkamah Syar’iyah Bireuen sehingga dengan pelaksanaan pertsidangan perkara Pemohonan Isbat Nikah Pelayanan Terpadu ini dapat bermanfaat bagi semua. Amin……..

REGISTER ONLINE

Video Profil

Link Website

Statistik Pengunjung

 
 

Lokasi

Gedung Kantor

Alamat Kami

KANTOR MAHKAMAH SYAR'IYAH BIREUEN

Jln. Banda Aceh - Medan Km.210 Blang Bladeh

Telp. 0644-21239 Fax. 0644-324598

Bireuen 24251

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : http://www.ms-bireuen.go.id