UPDATED
Apel Pagi Mahkamah Syar'iyah Biruen - Monday, 07 September 2015 10:46
Audiensi Tim Biro Aset BUA MA-RI dengan Bupati Bireuen - Thursday, 11 October 2018 10:24
Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Audit Kinerja dan Integritas di MS-Bireuen - Monday, 10 April 2017 11:33
Biro Hukum dan Humas MA-RI Kunjungi Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 28 April 2016 16:14
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 15 June 2017 11:58

Audiensi Tim Biro Aset BUA MA-RI dengan Bupati Bireuen

Published in Info Terkini
Written by  11 October 2018
Rate this item
(0 votes)

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 10 Oktober 2018 tepat jam 14.30 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen menfasilitasi pertemuan antara Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI dengan Bupati Kabupaten Bireuen. Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka Penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) yang merupakan Tindak Lanjut Temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait Inventarisasi dan Penilaian Barang Milik Negara (BM) Tahun 2017. Drs. Amiruddin, S.H., M.H. selaku Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen membuka acara pertemuan tersebut dengan memberi mukaddimah singkat untuk maksud kedatangan Tim Aset BUA Mahkamah Agung RI kepada Bupati beserta jajarannya.

Pertemuan tersebut diselenggarkan di Ruang Audiensi Gedung Pendopo Bupati Bireuen yang di ikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Asisten Bupati dan Tim Aset Pemda Bireuen sebagai perwakilan dari Pemerintah Daerah dan perwakilan dari Mahkamah Agung RI dihadiri oleh Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen beserta rombongan, Tim dari Mahkamah Syar'iyah Aceh dan Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI yang terdiri dari:

1.

Jamaludin, S.H., M.H.

IV/b

Kabag. IKN Biro Perlengkapan

2.

M. Mansyur, S.IP, M.H.

IV/a

Kasubbag Statistik dan Laporan Biro Perlengkapan

3.

Endang Setyo hartandi, S.E.

III/b

Staf IKN Biro Perlengkapan

4

Ratna Yunita, S.T.

III/a

Staf Biro Perlengkapan

 

Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung menyampaikan perihal Status Pinjam Pakai Tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen yang telah mencapai masa pemakaian 5 tahun dan perpanjangan penggunaanya 1 x 5 tahun harus segera ditingkatkan statusnya menjadi Hibah. Tanah dengan status Pinjam Pakai tersebut saat ini digunakan untuk operasional Gedung Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen Kelas IB yang terletak di Desa Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Status Pinjam Pakai tanah tersebut terhitung sejak tanggal ditetapkan oleh Bupati Bireuen berdasarkan Keputusan Nomor 62 Tahun 2009 tanggal 20 Maret 2009 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Selanjutnya, Bupati Bireuen H. Saifannur, S.Sos memberi sambutan dan arahan atas tindaklanjut temuan BPK yang disampaikan oleh Ketua Tim Aset BUA Mahkamah Agung segera diselesaikan secepat agar tidak menjadi masalah dikemudian hari. Adapun mekanisme yang ditempuh untuk penyelesaian status Pinjam Pakai  adalah Hibah, namun pihak Pemda Bireuen menginginkan agar Tanah dan Bangunan Gedung Kantor Lama yang saat ini dialihfungsikan menjadi Mess dengan sertifikat atas nama Pemerintah Republk Indonesia c/q. Mahkamah Agung RI agar dihibahkan menjadi Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen. Negosiasi berjalan alot dan lancar antara pihak Pemda Bireuen dan Perwakilan Mahkamah Agung RI sehingga menemukan titik temu untuk penyelesaian permasalahan status Pinjam Pakai Tanah. Ditetapkan kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu Pemerintah Daerah Bireuen dan Tim Aset BUA Mahkamah Agung RI yang antara lain sebagai berikut:

1.

Pemerintah Daerah Bireuen menyetujui peningkatan Status Pinjam Pakai Tanah Gedung Kantor Mahkamah Syar’iyah Bireuen yang terletak di Desa Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen menjadi Status HIBAH dan menginginkan Tanah Gedung Bangunan Mess Mahkamah Syar’iyah Bireuen agar diHibahkan menjadi Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen.

2

Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyetujui Permohonan Hibah Tanah Gedung Mess Mahkamah Syar’iyah Bireuen menjadi Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen diiringi dengan diterimanya peningkatan Status Pinjam Pakai Tanah Gedung Kantor Mahkamah Syar’iyah Bireuen menjadi HIBAH oleh Pemda Kab. Bireuen.

3.

Tim Aset Mahkamah Agung meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen agar menyediakan Tanah dan Rumah Negara untuk ditempati oleh Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen sebagai pengganti Mess yang akan dihibahkan ke Pemda Kab. Bireuen.

4.

Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen agar menyediakan Rumah Sewa sementara untuk dihuni Ketua dan Hakim yang selama ini menempati Mess selama Tanah dan Rumah Negara yang dijanjikan pada poin 3 belum disediakan.

Setelah kedua belah pihak setuju dengan kesepakatan yang telah dirundingkan bersama, pertemuan Tim Aset BUA Mahkamah Agung RI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen pun ditutup dengan saling memberikan cindera mata pukul sebagai bentuk kerjasama Mahkamah Agung dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen. Audiensi ditutup pukul 16.30 Wib dengan sesi foto bersama Tim Aset BUA MARI dengan Bupati serta Wakil Bupati Bireuen. Semoga semakin terjalin hubungan yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bireuen dengan Mahkamah Agung dalam menunjang pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan khususnya di wilayah hukum Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

REGISTER ONLINE

Video Profil

Link Website

Statistik Pengunjung

 
 

Lokasi

Gedung Kantor

Alamat Kami

KANTOR MAHKAMAH SYAR'IYAH BIREUEN

Jln. Banda Aceh - Medan Km.210 Blang Bladeh

Telp. 0644-21239 Fax. 0644-324598

Bireuen 24251

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : http://www.ms-bireuen.go.id