SKM

SIPP Web

E-Court

Radius Perkara

Jadwal Sidang

Pengumuman

Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara

Published in Info Terkini
Written by  22 October 2018
Rate this item
(0 votes)

ms-bireuen | Senin tanggal 22 Oktober 2018, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H., meresmikan 85 Pengadilan Baru secara simbolis se-Indonesia yang dilaksanakan di Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 182/KMA/SK/IX/2018 tentang Penetapan Tanggal dan Tempat Peresmian Operasional Pengadilan Baru. Acara berlangsung khidmat diawali dengan pembukaan oleh Bupati Kepulauan Talaud serta Gubernur Propinsi Sulawesi Utara.

Mahkamah Syar'iyah Bireuen berkesempatan menyaksikan acara Peresmian Operasional Pengadilan Baru yang diadakan di Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara melalui media online yaitu Channel Youtube mahkamahagunglive, sebagaimana telah disampaikan oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI melalui Surat Edaran Nomor: 9 Tahun 2018 tanggal 18 Oktober 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru. Seluruh Hakim dan Pegawai Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyaksikan siaran langsung Peresmian Operasional Pengadilan Baru diruangan Rapat Pimpinan dengan menggunakan media projector.

Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan hal yang terpenting saat ini dilakukan adalah dimulainya layanan sesuai dengan sarana yang ada khususnya layanan persidangan, pengisian Sumber Daya Manusia pada satuan kerja Pengadilan baru akan dilakukan secara bertahap. Pada beberapa satuan kerja Mahkamah Agung mendapatkan bantuan Sumber Daya Manusia dari Pemerintah Daerah setempat untuk diberdayakan dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas peradilan. Sumber Daya Manusia yang diperbantukan dari luar lingkungan perdilan perlu mendapatkan pemahaman yang utuh tentang tugas-tugas dan fungsi lembaga peradilan sehingga mampu mengikuti gerak yang berasal dari lingkungan lembaga peradilan agar bersama-sama menjalankan lembaga peradilan yang baru ini. Akhir kata mari kita jadikan momen bersejarah ini sebagai momen untuk mewujudkan pemerataan terhadap akses pencari keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menitipkan pesan agar membangun komunikasi dengan Pemerintah Daerah di masing-masing wilayah kerja agar bisa bersama-sama merawat dan menjaga kehormatan penegakan hukum demi terwujudnya penegakan hukum yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat pencari keadilan. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, 85 Pengadilan pada Lingkungan Peradlilan Umum, Peradlilan Agama dan Peradlilan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia secara resmi dapat operasionalkan untuk pelayanan kepada masyarkata pencari keadilan.

Selanjutnya Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menandatangani prasasati peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru secara simbolis didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yusdisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Non-Yusdisial, Gubernur Sulawesi Utara dan Bupati Kabupaten Talaud. Selesai acar penandatanganan prasasti peresmian 85 Pengadilan Baru, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menyerahkan Prasasti Pengadilan Baru kepada perwakilan Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada 3 Lembaga Peradilan yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, dan Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makasar. Penekanan tombol sirine menandakan Peresmian Operasional Pengadilan Baru oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia telah diresmikan. Selanjutnya acara peletakan batu pertama lokasi pembangunan Pengadilan Negeri Melonguane yang diikuti oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, Ketua Kamar Mahkamah Agung Republik Indonesia, Gubernur Sulasei Utara, Forkopinda Sulawesi Utara, Pejabat Eselon I Mahkamah Agung Republik Indonesia, Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Bupati Talaud serta Forkopinda Kepualuan Talaud.

Dengan berakhirnya acara peletakan batu pertama lokasi pembangunan Pengadilan Negeri Melonguan, maka berakhir pula acara Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru se-Indonesia. Semoga seluruh pengadilan yang telah resmi dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsi serta menjaga wibawa peradilan dengan baik. Amin ya rabbal alamin...

Video Profil

Link Website

Statistik Pengunjung

 
 

Siwas

LPSE

SIPP MA-RI

Direktori Putusan

Komdanas