SKM

SIPP Web

E-Court

Radius Perkara

Jadwal Sidang

Pengumuman

Sosialisasi E-Court Mahkamah Syar'iyah Bireuen

Published in Info Terkini
Written by  13 December 2018
Rate this item
(0 votes)

ms-bireuen.go.id | Pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 tepat jam 15.00 WIB, Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan Sosialisasi E-Court Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik sesuai Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018. Kegiatan Sosialisasi ini di pimpin oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen Drs. Amiruddin, S.H., M.H. didampingi Panitera serta Perwakilan dari Bank BRI selaku Bank Mitra Mahkamah Agung. Hadir dalam acara tersebut Hakim, Pejabat Fungsional, Pegawai, Tenaga Kontrak Mahkamah Syar'iyah Bireuen beserta pada Advokat sebagai undangan.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen Drs. Amiruddin, S.H., M.H. selaku pimpinan pelaksaan kegiatan Sosialisasi tersebut memberikan penjelasan singkat mengenai inovasi Mahkamah Agung yaitu e-Court sebagai layanan berperkara secara elektronik. E-Court merupakan layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online (e-Filing), Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, dan Pembayaran secara online (e-Payment) dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik (e-Summons).

Pada kesempatan itu juga, perwakilan dari Bank BRI Cabang Bireuen memberikan penjelasan mengenai penggunaan e-Payment secara detil agar proses pembayaran panjar perkara agar terlaksana dengan benar sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan oleh Bank BRI. Disampaikan juga bahwa, penggunaan sistem pembayaran secara elektronik sebagai layanan yang efektif dan efesien dalam proses berperkara sehingga masyarakat pencari keadilan khususnya advokat dapat melakukan pendaftaran perkara, panjar perkara serta pemanggilan secara elektronik. Pihak Bank BRI juga menjelaskan tatacara transaksi pembayaran panjar biaya perkara melalui ATM, Internet Banking, serta Mobile Banking.

Kegiatan Sosialisasi E-Court berjalan alot dan komunikatif ditandai dengan adanya perwakilan advokat yang menyampaikan hal-hal yang belum mereka pahami dan  mendapatkan solusi atas permasalahan yang diihadapi. Kegiatan ini tersebut ditutup oleh Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen tepat pukul 16.30 WIB, dengan harapan agar E-Court menjadi solusi bagi masyarakat pencari keadilan untuk meringankan biaya dan memangkas waktu dalam berperkara pada Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Video Profil

Link Website

Statistik Pengunjung

 
 

Siwas

LPSE

SIPP MA-RI

Direktori Putusan

Komdanas