UPDATED
Apel Pagi Mahkamah Syar'iyah Biruen - Monday, 07 September 2015 10:46
Audiensi Tim Biro Aset BUA MA-RI dengan Bupati Bireuen - Thursday, 11 October 2018 10:24
Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Audit Kinerja dan Integritas di MS-Bireuen - Monday, 10 April 2017 11:33
Biro Hukum dan Humas MA-RI Kunjungi Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 28 April 2016 16:14
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 15 June 2017 11:58

Rapat Evaluasi Kinerja Bulan November 2018

Published in Info Terkini
Written by 14 November 2018

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 14 November 2018 jam 08.30 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen mengadakan Rapat Evaluasi Kinerja Bulan November Tahun 2018 di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Rapat dibuka oleh Dhiauddin, S.Ag selaku Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Bireuen dengan dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pegawai serta Tenaga Kontrak. Adapun agenda dari rapat tersebut yaitu :

1.

Peningkatan Disiplin Kinerja

2.

Monitoring dan Evaluasi Aplikasi SIPP

3.

Kebersihan Halaman dan Gedung Kantor

4.

Pengurus Dana Sosial Kantor

5.

Kepengurusan IKAHI

6.

Kepengurusan PTWP

7.

Status Tanah Rumah Dinas dan Kantor

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen memberi arahan atas laporan yang disampaikan oleh sekretaris menyangkut agenda rapat yang telah disusun. Dalam kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyampaikan evaluasi kinerja baik dibidang kepaniteraan, maupun bidang kesekretariatan. Pada kesempatan itu pula, Drs. Syarwandi selaku Panitera juga menyampaikan perihal kepatuhan penggunaan username SIPP dan input data SIPP tepat waktu agar akurasi data SIPP memenuhi target.

Rapat Evaluai Kinerja Bulan November Tahun 2018 ditutup oleh sekretaris tepat pukul 10.00 Wib dengan harapan agar Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik. Amiin...

MS-Bireuen Peringati Hari Pahlawan Ke-73

Published in Info Terkini
Written by 11 November 2018

ms-bireuen.go.id | Senin tanggal 12 November 2018, Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyelenggarakan Upacara Hari Pahlawan Ke-73 di halaman Gedung Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Upacara tersebut dilaksanakan berdasarkan Instruksi Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 1374/SEK/HM.01.2/11/2018 Tanggal 08 November 2018 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73 Tahun 2018 dengan tema "Semangat Pahlawan di Dadaku". Hadir dalam upacara tersebut Ketua, Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural, Pegawai serta tenaga kontrak Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 73 Tahun 2018 dimulai pukul 08.00 dengan tertib pelaksaaan sebagai berikut:

1. Drs. H. Abdullah, selaku Pembina Upacara;

2. Saiful Bahri, selaku Pemimpain Upacara;

3. Fadhilah, S.Ag, M.Ag, selalku Ajudan Pembina Upacara;

4. Zulfikri, S.H.I, M.H, selaku Pembaca UUD 1945;

5. Hj. Jamilah, S.H., selaku Pembaca Pesan-Pesan Pahlawan/Kata-Kata Mutiara;

6. Drs. Ibrahim Basyah, selaku Pembaca Do'a;

7. Zulham, S.T., selaku Dokumenter;

8. Hafni, S.Ag, selaku Protokoler; dan

9. Cut Farida Hanum, S.Ag, selaku Pembawa Acara;

Dalam upacara tersebut Drs. H. Abdullah yang bertindak sebagai Pembina Upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia dilanjutkan dengan tertib acara sebagaimana yang telah ditentukan. Tepat Pukul 09.00 WIB Upacara Hari Pahlawan ke-73 Tahun 2018 selesai dilaksanakan, dan diakhir acara Mahkamah Syar'iyah Bireuen melakukan sesi Foto Bersama. Sekian..

Rapat Umum/Rutin Triwulan IV Tahun 2018

Published in Info Terkini
Written by 07 November 2018

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 07 November 2018 jam 08.30 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen mengadakan Rapat Umum / Rutin Bulanan di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Rapat dibuka oleh Dhiauddin, S.Ag selaku Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Bireuen dengan dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pegawai serta Tenaga Kontrak. Adapun agenda dari rapat tersebut yaitu :

1.

Pembinaan dan Perlombaan SIPP, Pelayanan Publik dan Website

2.

Perlombaan Manajemen Peradilan

3.

Kepengurusan Dana Sosial

4.

SK Baperjakat

5.

Laporan Hakim Pengawas Bidang

6.

Laporan Perkara dari Hakim kepada Ketua Setiap Bulan

7.

Status Tanah Rumah Dinas dan Kantor

8.

Kepengurusan IKAHI

9. Kepengurusan PTWP

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen memberi arahan atas laporan yang disampaikan oleh sekretaris menyangkut agenda rapat yang telah disusun. Dalam kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyampaikan laporan hasil Pembinaan oleh Dirjen Badilag yang diadakan di Mahkamah Syar'iyah Kualasimpang dan Pembinaan yang diadakan oleh Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh di Banda Aceh. Selain itu, Drs. Amiruddin, S.H, M.H selaku Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen juga memberikan arahan tentang Lomba Manajemen Peradilan Agama 2018 berdasarkan Surat Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Nomor W1-A/2699/HM.00/11/2018 tanggal 05 Nopember 2018 tentang Lomba Managemen Peradilan Agama 2018. Adapun bidang-bidang yang diperlombakan adalah sebagai berikut :

1.

Implementasi Sistem Informasi Penelurusan Perkara (SIPP);

2.

Pengelolaan Website;

3.

Inovasi Pelayanan Publik;

Adapun penilaian terhadap 3 (tiga) bidang tersebut diatas dilakukan secara mandiri, dan hasilnya harus dikirimkan ke Mahkamah Syar'iyah Bireuen dengan batas Waktu dari tanggal 12 s/d 13 Nopember 2018. Rapat Umum / Rutin tersebut ditutup oleh sekretaris tepat pukul 09.30 Wib dengan harapan agar Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat meraih hasil perlombaan dengan sempurna. Amiin...

ms-bireuen.go.id | Selasa tanggal 06 November 2018, Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah yang bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini terselenggara berkat bekerjasama dengan Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen, serta Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.

Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini bertujuan untuk meringankan beban korban konflik melalui pembebasan biaya perkara khususnya perkara itsbat nikah. Kegiatan ini juga diharapkan agar dapat mewujudkan masyarakat Aceh yang bermartabat, berkeadilan dengan mengamalkan nilai-nilai syariat islam. Mahkamah Syar'iyah Bireuen selaku pelaksana siap menyukseskan kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah dengan dukungan aggota yang terdiri dari Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Operator, dan Petugas Sidang.

Hadir juga dalam acara tersebut Perwakilan Dinas Syariat Islam Aceh, Anggota DPRK Bireuen, Ketua Mahkamah Syar'yah Bireuen, Perwakilan Dinas Syariat Bireuen,  Perwakilan Koramil Kecamatan Peusangan, Perwakilan Polsek Kecamatan Peusangan, Kepala KUA Kecamatan Makmur, Kepala KUA Kecamatan Jangka, Kepala KUA Kecamatan Peusangan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuen. Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bireuen agar mendapatkan hak atas pengakuan pernikahan yang sudah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, namun tidak ada buku nikah atau buku nikah hilang serta akta kelahiran bagi yang belum memiliki.

Kegiatan ini juga sangat membantu masyarakat Kecamatan Makmur, Kecamatan Jangka dan Kecamatan Peusangan untuk dapat menjadikan status pernikahannya sah secara hukum dan tercatat dalam Administrasi Pemerintahan Daerah maupun Instansi terkait lainnya setempat sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku. Adapun mekanisme pelaksanaan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah adalah dimana setiap Kutipan Penetapan yang diputuskan oleh Hakim Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat langsung diserahkan ke Petugas Kantor Urusan Agama guna diterbitkan Buku Akta Nikah dan Disdukcapil akan menerbitkan Akta Kelahiran terhadap pasangan suami isteri yang telah mempunyai keturunan.

Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah di mulai pada pukul 09.30 WIB diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, mukaddimah serta pembacaan doa agar kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Jumlah perkara yang disidangkan pada kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah oleh Mahkamah Syar’iyah Bireuen berjumlah 50 perkara, dari total perkara yang disidangkan terdapat 3 perkara yang digugurka karena para pihak tidak hadir, 1 perkara ditolak karena tidak terbukti dipersidangan, sehingga jumlah perkara yang dikabul sebanyak 46 perkara. Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu selesai dilaksanakan pukul 12.45 WIB, dengan harapan pelayanan terpadu ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Kabupaten Bireuen khususnya masyarakat Kecamatan Makmur, Kecamatan Jangka dan Kecamatan Peusangan. Amiin.....

Sidang Terpadu Perkara Isbat Nikah Tahun 2018

Published in Info Terkini
Written by 01 November 2018

ms-bireuen.go.id | Selasa tanggal 31 Oktober 2018, Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan Sidang Perkara Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu yang bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen. Kegiatan Sidang Perkara Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu ini bekerjasama dengan Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen, Kementerian Agama Kabupaten Bireuen serta Camat Kecamatan Makmur.

Acara yang difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan Makmur ini bertujuan untuk meringankan beban korban konflik melalui pembebasan biaya perkara khususnya perkara itsbat nikah. Kegiatan ini juga dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Bireuen yang bermartabat, berkeadilan dengan mengamalkan nilai-nilai syariat islam. Mahkamah Syar'iyah Bireuen selaku pelaksana persidangan siap menyukseskan kegiatan Pelayanan Sidang Terpadu Itsbat Nikah dengan membawa personil yang terdiri dari Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Operator, dan petugas sidang. Hadir juga dalam acara tersebut Kepala KUA Kecamatan Makmud, Kepala Dinas Syariat Islam, Camat Kecamatan Makmur, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuen. Kegiatan Sidang Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kab. Bireuen agar mendapatkan hak atas pengakuan pernikahan yang sudah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, namun tidak ada buku nikah atau buku nikah hilang serta akta kelahiran bagi yang belum memiliki.

Kegiatan ini juga dapat membantu warga Kabupaten Bireuen khususnya masyarakat Kec. Makmur untuk dapat menjadikan status pernikahannya sah secara hukum negara dan tercatat dalam administrasi Kantor Urusan Agama setempat sesuai ketentuan pelaksanaan pelayanan Terpadu dimana setiap perkara yang diputuskan oleh Hakim Mahkamah Syar’iyah Bireuen para Pemohon langsung diberikan Kutipan Penetapan untuk diserahkan ke KUA guna diterbitkan Buku Akta Nikah dan Disdukcapil akan menerbitkan Akta Kelahiran terhadap pasangan suami isteri yang telah mempunyai keturunan.

Kegiatan Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu di mulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, mukaddimah serta pem bacaan doa agar kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Adapun jumlah perkara yang disidangkan oleh Mahkamah Syar’iyah Bireuen berjumlah 30 perkara, yang keseluruhan perkara tersebut berhasil diputus berdasarkan ketentuan hukum dan undang--undang yang berlaku. Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu berakhir pukul 13.00 WIB, dengan harapan pelayana terpadu ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat Kecamatan Makmur khususnya dan semoga tahun depan program Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu ini dapat dilaksanakan kembali. Amiin.....

 

MS-Bireuen Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-90

Published in Info Terkini
Written by 29 October 2018

ms-bireuen.go.id | Senin tanggal 29 Oktober 2018, Mahkamah Syar'iyah Bireuen melaksanakan Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-90. Berdasarkan Instruksi Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 1325/SEK/HM.01.2/10/2018 Tanggal 25 Oktober 2018 Tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 yang dilaksanakan di halaman Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Adapun Tema pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda adalah "Bangun Pemuda, Satukan Indonesia". Hadir dalam acara tersebut Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural, Pegawai serta tenaga kontrak Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 dimulai pukul 08.00 dengan tertib acara yang telah disusun sebagai berikut:

1. Dra. Sumarni, selaku Pembina Upacara;

2. Saiful Bahri, selaku Pemimpain Upacara;

3. Fadhilah, S.Ag, M.Ag, selalku Ajudan Pembina Upacara;

4. Dra. Rosdiana, selaku Pembaca UUD;

5. Hj. Jamilah, S.H., selaku Pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda 1928;

6. Drs. Ibrahim Basyah, selaku Pembaca Do'a;

7. Zulham, S.T., selaku Dokumenter; dan

8. Hafni, S.Ag, selaku Protokoler

Dalam kesempatan tersebut Dra. Sumarni bertindak sebagai Pembina Upacara menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga. Selamat Hari Sumpah Pemuda, semoga dapat membangun persatuan pemuda bangsa. Tepat Pukul 09.00 WIB Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018 selesai dilaksanakan, dan diakhir acara Mahkamah Syar'iyah Bireuen melakukan sesi Foto Bersama. Sekian..

ms-bireuen | Senin tanggal 22 Oktober 2018, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H., meresmikan 85 Pengadilan Baru secara simbolis se-Indonesia yang dilaksanakan di Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 182/KMA/SK/IX/2018 tentang Penetapan Tanggal dan Tempat Peresmian Operasional Pengadilan Baru. Acara berlangsung khidmat diawali dengan pembukaan oleh Bupati Kepulauan Talaud serta Gubernur Propinsi Sulawesi Utara.

Mahkamah Syar'iyah Bireuen berkesempatan menyaksikan acara Peresmian Operasional Pengadilan Baru yang diadakan di Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara melalui media online yaitu Channel Youtube mahkamahagunglive, sebagaimana telah disampaikan oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI melalui Surat Edaran Nomor: 9 Tahun 2018 tanggal 18 Oktober 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru. Seluruh Hakim dan Pegawai Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyaksikan siaran langsung Peresmian Operasional Pengadilan Baru diruangan Rapat Pimpinan dengan menggunakan media projector.

Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan hal yang terpenting saat ini dilakukan adalah dimulainya layanan sesuai dengan sarana yang ada khususnya layanan persidangan, pengisian Sumber Daya Manusia pada satuan kerja Pengadilan baru akan dilakukan secara bertahap. Pada beberapa satuan kerja Mahkamah Agung mendapatkan bantuan Sumber Daya Manusia dari Pemerintah Daerah setempat untuk diberdayakan dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas peradilan. Sumber Daya Manusia yang diperbantukan dari luar lingkungan perdilan perlu mendapatkan pemahaman yang utuh tentang tugas-tugas dan fungsi lembaga peradilan sehingga mampu mengikuti gerak yang berasal dari lingkungan lembaga peradilan agar bersama-sama menjalankan lembaga peradilan yang baru ini. Akhir kata mari kita jadikan momen bersejarah ini sebagai momen untuk mewujudkan pemerataan terhadap akses pencari keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menitipkan pesan agar membangun komunikasi dengan Pemerintah Daerah di masing-masing wilayah kerja agar bisa bersama-sama merawat dan menjaga kehormatan penegakan hukum demi terwujudnya penegakan hukum yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat pencari keadilan. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, 85 Pengadilan pada Lingkungan Peradlilan Umum, Peradlilan Agama dan Peradlilan Tata Usaha Negara seluruh Indonesia secara resmi dapat operasionalkan untuk pelayanan kepada masyarkata pencari keadilan.

Selanjutnya Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menandatangani prasasati peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru secara simbolis didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yusdisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Non-Yusdisial, Gubernur Sulawesi Utara dan Bupati Kabupaten Talaud. Selesai acar penandatanganan prasasti peresmian 85 Pengadilan Baru, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menyerahkan Prasasti Pengadilan Baru kepada perwakilan Ketua Pengadilan Tingkat Banding pada 3 Lembaga Peradilan yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, dan Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Makasar. Penekanan tombol sirine menandakan Peresmian Operasional Pengadilan Baru oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia telah diresmikan. Selanjutnya acara peletakan batu pertama lokasi pembangunan Pengadilan Negeri Melonguane yang diikuti oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, Ketua Kamar Mahkamah Agung Republik Indonesia, Gubernur Sulasei Utara, Forkopinda Sulawesi Utara, Pejabat Eselon I Mahkamah Agung Republik Indonesia, Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Bupati Talaud serta Forkopinda Kepualuan Talaud.

Dengan berakhirnya acara peletakan batu pertama lokasi pembangunan Pengadilan Negeri Melonguan, maka berakhir pula acara Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru se-Indonesia. Semoga seluruh pengadilan yang telah resmi dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsi serta menjaga wibawa peradilan dengan baik. Amin ya rabbal alamin...

ms-bireuen.go.id | Pada hari Jumat tanggal 19 Oktober 2018, pukul 09,00 WIB Mahkamah Syar’iyah Bireuen mengadakan perpisahan dengan 1 (satu) orang Hakim, 2 (dua) Pegawai serta 1 (satu) Pegawai Purnabakti yang masing-masing bernama Drs. Khoiruddin Harahap, S.H., M.H dari jabatan Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen Kelas IB menjadi Hakim Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Kelas IA, 2 (dua) Pegawai yang dimutasi antara lain adalah Dra. Husnawati dari jabatan Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Bireuen Kelas IB menjadi Kasubbag Umum dan Keuangan Mahkamah Syar'iyah Takengon Kelas IB dan Khairul Amna, Amd dari jabatan Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Mahkamah Syar'iyah Bireuen menjadi Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Mahkamah Syar'iyah Lhoksukon Kelas II, serta 1 (satu) orang Pegawai Purnabakti yaitu Irpanusir, S.H., yang masa purnabakti dalam jabatan Panitera Mahkamah Syar'iyah Bireuen Kelas IB.

Mutasi atau pindah tugas merupakan hal biasa dan lumrah terjadi dalam suatu Kementerian atau Lembaga dengan tujuan adalah memberikan penyegaran kepada pegawai tersebut karena telah bekerja dalam kurun waktu lama pada suatu instansi atau satuan kerja. Selain itu, Mutasi Pegawai juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap pegawai yang mutasikan dan juga satuan kerja yang akan menjadi tujuan agar memberikan semangat serta tantangan baru dengan orang-orang yang baru disekelilngnya.

Tepat pada pukul 10.30 WIB acara perpisahan dan purnabakti pegawai tersebut selesai dilaksanakan dan keluarga besar Mahkamah Syar’iyah Bireuen melakukan salam salaman dengan Pegawai yang dimutasi dan pensiun. Besar harapan dengan acara perpisahan ini Mahkamah Syar’iyah Bireuen tetap dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya sesuai dengan tupoksi masing-masing pegawai. Amin ................

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 10 Oktober 2018 tepat jam 14.30 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen menfasilitasi pertemuan antara Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI dengan Bupati Kabupaten Bireuen. Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka Penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) yang merupakan Tindak Lanjut Temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait Inventarisasi dan Penilaian Barang Milik Negara (BM) Tahun 2017. Drs. Amiruddin, S.H., M.H. selaku Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen membuka acara pertemuan tersebut dengan memberi mukaddimah singkat untuk maksud kedatangan Tim Aset BUA Mahkamah Agung RI kepada Bupati beserta jajarannya.

Pertemuan tersebut diselenggarkan di Ruang Audiensi Gedung Pendopo Bupati Bireuen yang di ikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Asisten Bupati dan Tim Aset Pemda Bireuen sebagai perwakilan dari Pemerintah Daerah dan perwakilan dari Mahkamah Agung RI dihadiri oleh Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen beserta rombongan, Tim dari Mahkamah Syar'iyah Aceh dan Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI yang terdiri dari:

1.

Jamaludin, S.H., M.H.

IV/b

Kabag. IKN Biro Perlengkapan

2.

M. Mansyur, S.IP, M.H.

IV/a

Kasubbag Statistik dan Laporan Biro Perlengkapan

3.

Endang Setyo hartandi, S.E.

III/b

Staf IKN Biro Perlengkapan

4

Ratna Yunita, S.T.

III/a

Staf Biro Perlengkapan

 

Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung menyampaikan perihal Status Pinjam Pakai Tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen yang telah mencapai masa pemakaian 5 tahun dan perpanjangan penggunaanya 1 x 5 tahun harus segera ditingkatkan statusnya menjadi Hibah. Tanah dengan status Pinjam Pakai tersebut saat ini digunakan untuk operasional Gedung Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen Kelas IB yang terletak di Desa Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Status Pinjam Pakai tanah tersebut terhitung sejak tanggal ditetapkan oleh Bupati Bireuen berdasarkan Keputusan Nomor 62 Tahun 2009 tanggal 20 Maret 2009 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Selanjutnya, Bupati Bireuen H. Saifannur, S.Sos memberi sambutan dan arahan atas tindaklanjut temuan BPK yang disampaikan oleh Ketua Tim Aset BUA Mahkamah Agung segera diselesaikan secepat agar tidak menjadi masalah dikemudian hari. Adapun mekanisme yang ditempuh untuk penyelesaian status Pinjam Pakai  adalah Hibah, namun pihak Pemda Bireuen menginginkan agar Tanah dan Bangunan Gedung Kantor Lama yang saat ini dialihfungsikan menjadi Mess dengan sertifikat atas nama Pemerintah Republk Indonesia c/q. Mahkamah Agung RI agar dihibahkan menjadi Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen. Negosiasi berjalan alot dan lancar antara pihak Pemda Bireuen dan Perwakilan Mahkamah Agung RI sehingga menemukan titik temu untuk penyelesaian permasalahan status Pinjam Pakai Tanah. Ditetapkan kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu Pemerintah Daerah Bireuen dan Tim Aset BUA Mahkamah Agung RI yang antara lain sebagai berikut:

1.

Pemerintah Daerah Bireuen menyetujui peningkatan Status Pinjam Pakai Tanah Gedung Kantor Mahkamah Syar’iyah Bireuen yang terletak di Desa Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen menjadi Status HIBAH dan menginginkan Tanah Gedung Bangunan Mess Mahkamah Syar’iyah Bireuen agar diHibahkan menjadi Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen.

2

Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menyetujui Permohonan Hibah Tanah Gedung Mess Mahkamah Syar’iyah Bireuen menjadi Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen diiringi dengan diterimanya peningkatan Status Pinjam Pakai Tanah Gedung Kantor Mahkamah Syar’iyah Bireuen menjadi HIBAH oleh Pemda Kab. Bireuen.

3.

Tim Aset Mahkamah Agung meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen agar menyediakan Tanah dan Rumah Negara untuk ditempati oleh Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen sebagai pengganti Mess yang akan dihibahkan ke Pemda Kab. Bireuen.

4.

Tim Aset Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen agar menyediakan Rumah Sewa sementara untuk dihuni Ketua dan Hakim yang selama ini menempati Mess selama Tanah dan Rumah Negara yang dijanjikan pada poin 3 belum disediakan.

Setelah kedua belah pihak setuju dengan kesepakatan yang telah dirundingkan bersama, pertemuan Tim Aset BUA Mahkamah Agung RI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen pun ditutup dengan saling memberikan cindera mata pukul sebagai bentuk kerjasama Mahkamah Agung dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen. Audiensi ditutup pukul 16.30 Wib dengan sesi foto bersama Tim Aset BUA MARI dengan Bupati serta Wakil Bupati Bireuen. Semoga semakin terjalin hubungan yang baik antara Pemerintah Kabupaten Bireuen dengan Mahkamah Agung dalam menunjang pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan khususnya di wilayah hukum Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

ms-bireuen.go.id | Pada hari Selasa tanggal 02 Oktober 2018 Mahkamah Syar’iyah Bireuen menerima mahasiswa Universitas Al-Muslim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bireuen sebanyak 5 (lima) orang untuk melaksanakan Praktikum Kerja Lapangan (PKL) terhitung mulai tanggal 02 Oktober s/d 02 Desember 2018 sesuai dengan Surat dari Universitas Al-Muslim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Nomor: 080/FISIP-UMUSLIM/1/KP.2018 tanggal 12 September 2018 tentang Magang/Praktikum Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa S-1.

Mahasiswa  tersebut diterima langsung oleh Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen Drs. Amiruddin, S.H., M.H. dan didampingi Drs. Syarwandi selaku Panitera serta Dhiauddin, S.Ag selaku Sekretaris berdasarkan Surat Persetujuan Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen Nomor W1-A9/876/HM.01/09/2018 tanggal 24 September 2018 tentang Persetujuan Izin Magang/Praktikum Kerja Lapangan. Pada kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen memberi arahan-arahan kepada mahasiswa bahwa tugas pokok dari Mahkamah Syar’iyah Bireuen adalah menerima, memeriksa dan menyelesaikan perkara diajukan oleh masyarakat pencari keadilan khususnya yang beragama Islam. Adapun perkara tersebut ada dalam bidang perkara perdata dan adapula dalam bidang perkara Jinayat (Pidana);

Pada kesempatan itu juga Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen memberikan bimbingan bahwa mahasiswa tersebut praktek di Mahkamah Syar’iyah Bireuen dengan cara mengamati langsung pada bagian Kepaniteraan dari mulai pendaftaran perkara, tahapan-tahapan persidangan dan pengambilan putusan/penetapan serta penyerahan akte  cerai begitu juga pada bagian Sekretariatan mulai dari tertib administrasi Kepegawaian, Keuangan dan Umum serta Pelaporan;

Tujuan dilaksanakan praktek tersebut adalah menyamakan persepsi dengan cara melihat, mengamati dan mempraktekan langsung antara tiori yang didapat selama ini di bangku kuliah dengan praktek yang sesungguhnya terjadi pada lembaga/kementerian khususnya pada Mahkamah Syar’iyah Bireuen. Dengan adanya Praktikum Kerja Lapangan ini mudah-mudahan para mahasiwa dapat dibekali ilmu sehingga mahasiswa tersebut akan terjun ke dunia kerja yang menjadi akan lebih profesional;

REGISTER ONLINE

Video Profil

Link Website

Statistik Pengunjung

 
 

Lokasi

Gedung Kantor

Alamat Kami

KANTOR MAHKAMAH SYAR'IYAH BIREUEN

Jln. Banda Aceh - Medan Km.210 Blang Bladeh

Telp. 0644-21239 Fax. 0644-324598

Bireuen 24251

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : http://www.ms-bireuen.go.id