UPDATED
Apel Pagi Mahkamah Syar'iyah Biruen - Monday, 07 September 2015 10:46
Audiensi Tim Biro Aset BUA MA-RI dengan Bupati Bireuen - Thursday, 11 October 2018 10:24
Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Audit Kinerja dan Integritas di MS-Bireuen - Monday, 10 April 2017 11:33
Biro Hukum dan Humas MA-RI Kunjungi Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 28 April 2016 16:14
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Mahkamah Syar'iyah Bireuen - Thursday, 15 June 2017 11:58

ms-bireuen | Jumat tanggal 18 Januari Jam 09.00 WIB Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan Rapat Pembentukan Tim Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) serta Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Rapat di Pimpin oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen Drs. Amiruddin, S.H., M.H., didampingi Panitera dan Sekretaris, serta dihadiri seluruh Hakim, Pegawai dan Tenaga Kontrak Mahkamah Syar’iyah Bireuen.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen selaku pimpinan rapat menyampaikan bahwa Mahkamah Syar'iyah Aceh telah menunjuk  Mahkamah Syar'iyah Bireuen sebagai Satuan Kerja Pilot Project penerapan Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2019. Maka penting untuk dilaksanakan sosialisasi sekaligus pembentukan Tim Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi guna kelancaran dalam implementasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen juga menyampaikan persiapan untuk Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2019 yang berubah format dari Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) menjadi Akreditas Penjaminan Mutu (APM). Formasi Akreditasi Penjaminan Mutu tersebut mengalami banyak perubahan terutama pada susunan struktur organisasi, implementasi dan juga tupoksi.

Tujuan utama diadakan rapat tersebut adalah menyusun Tim Zona Integritas (ZI) dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Perubahan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Setelah Tim yang disusun terbentuk, maka rapat selesai dan ditutup oleh Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Bireuen tepat jam 10.30 WIB dengan harapan agar Mahkamah Syar'iyah Bireuen dapat melaksanakan Program Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi serta Akreditasi Penjaminan Mutu dengan hasil sebaik-baiknya. Amin....

Rapat Evaluasi Kinerja Bulan Januari 2019

Published in Info Terkini
Written by 10 January 2019

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 09 Januari 2019 jam 08.00 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen mengadakan Rapat Evaluasi Kinerja Bulan Januari Tahun 2019 di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Rapat dibuka oleh Dhiauddin, S.Ag selaku Moderator Rapat didampingi oleh Drs. Syarwandi selaku Panitera dan dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pegawai serta Tenaga Kontrak. Adapun agenda pada rapat tersebut adalah sebagai berikut:

1.

Mengadakan Rapat Penyusunan Program Kerja Tahun Anggaran 2019

2.

Persiapan Surveilans Akreditas Penjaminan Mutu

3.

Penyampaian DIPA T.A. 2019

4.

Peningkatan Displin Waktu dan Kinerja

5.

Meningkatkan Penyelesaian Administrasi Perkara secara Manual maupun SIPP

Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen Drs. Amiruddin, S.H., M.H. menyampaikan perlunya meningkatkan kinerja mengawali tahun 2019 agar pencapaian target kinerja terlaksana dengan sempurna di bidang kepaniteraan, dan juga kesekretariatan. Pada kesempatan itu pula, Drs. Amiruddin, S.H., M.H. juga menyampaikan agar meningkatkan kepatuhan pengisian SIPP sesuai hak akses masing-masing pengguna. Rapat Evaluai Kinerja Bulan Desember Tahun 2018 ditutup pukul 10.00 Wib dengan harapan agar Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat meningkatkan kinerja lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Amiin...

 

Sosialisasi E-Court Mahkamah Syar'iyah Bireuen

Published in Info Terkini
Written by 13 December 2018

ms-bireuen.go.id | Pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 tepat jam 15.00 WIB, Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan Sosialisasi E-Court Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik sesuai Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018. Kegiatan Sosialisasi ini di pimpin oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen Drs. Amiruddin, S.H., M.H. didampingi Panitera serta Perwakilan dari Bank BRI selaku Bank Mitra Mahkamah Agung. Hadir dalam acara tersebut Hakim, Pejabat Fungsional, Pegawai, Tenaga Kontrak Mahkamah Syar'iyah Bireuen beserta pada Advokat sebagai undangan.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen Drs. Amiruddin, S.H., M.H. selaku pimpinan pelaksaan kegiatan Sosialisasi tersebut memberikan penjelasan singkat mengenai inovasi Mahkamah Agung yaitu e-Court sebagai layanan berperkara secara elektronik. E-Court merupakan layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online (e-Filing), Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, dan Pembayaran secara online (e-Payment) dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik (e-Summons).

Pada kesempatan itu juga, perwakilan dari Bank BRI Cabang Bireuen memberikan penjelasan mengenai penggunaan e-Payment secara detil agar proses pembayaran panjar perkara agar terlaksana dengan benar sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan oleh Bank BRI. Disampaikan juga bahwa, penggunaan sistem pembayaran secara elektronik sebagai layanan yang efektif dan efesien dalam proses berperkara sehingga masyarakat pencari keadilan khususnya advokat dapat melakukan pendaftaran perkara, panjar perkara serta pemanggilan secara elektronik. Pihak Bank BRI juga menjelaskan tatacara transaksi pembayaran panjar biaya perkara melalui ATM, Internet Banking, serta Mobile Banking.

Kegiatan Sosialisasi E-Court berjalan alot dan komunikatif ditandai dengan adanya perwakilan advokat yang menyampaikan hal-hal yang belum mereka pahami dan  mendapatkan solusi atas permasalahan yang diihadapi. Kegiatan ini tersebut ditutup oleh Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen tepat pukul 16.30 WIB, dengan harapan agar E-Court menjadi solusi bagi masyarakat pencari keadilan untuk meringankan biaya dan memangkas waktu dalam berperkara pada Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Rapat Evaluasi Kinerja Bulan Desember 2018

Published in Info Terkini
Written by 12 December 2018

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 12 Desember 2018 jam 08.30 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen mengadakan Rapat Evaluasi Kinerja Bulan Desember Tahun 2018 di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Rapat dibuka oleh Dhiauddin, S.Ag selaku Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Bireuen dengan dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pegawai serta Tenaga Kontrak. Adapun agenda dari rapat tersebut yaitu :

1.

Displin Pegawai, Tenaga Kontak serta Hakim

2.

Evaluasi Kinerja Akhir Tahun 2018

3.

Persiapan Laporan Tahunan 2018

4.

Program Kerja Tahun 2019

5.

Pertanggungjawaban Dana Sosial 2018

6.

Cuti Akhir Tahun

7.

Kepatuhan dan Kelengkapan Administrasi Kepaniteraan

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen memberi arahan atas laporan yang disampaikan oleh sekretaris menyangkut agenda rapat yang telah disusun. Dalam kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyampaikan evaluasi kinerja baik di bidang kepaniteraan, maupun bidang kesekretariatan. Pada kesempatan itu pula, Drs. Amiruddin, S.H., M.H. juga menyampaikan agar meningkatkan persentase penyelesaian perkara pada SIPP lokal maupun SIPP Mahkamah Agung sesuai dengan keadaan perkara yang ada agar tidak menjadi beban perkara di tahun yang akan datang.

Rapat Evaluai Kinerja Bulan Desember Tahun 2018 ditutup oleh Sekretaris tepat pukul 10.00 Wib dengan harapan agar Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat menyelesaikan tugas-tugas akhir tahun sesuai waktu telah ditetapkan. Amiin...

 

MS-Bireuen Peringati HUT Korpri ke-47

Published in Info Terkini
Written by 29 November 2018

ms-bireuen.go.id | Kamis tanggal 29 November 2018, Mahkamah Syar'iyah Bireuen memperingati Hari Ulang Tahun KORPRI yang ke-47. Upacara Bendera tersebut diadakan berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1434/SEK/KS.00/11/2018 tanggal 26 November 2018 tentang Upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-47 Tahun 2018.

Adapun upacara tersebut dilaksanakan di Halaman Gedung Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen sesuai petunjuk Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI dengan mengenakan pakaian KORPRI bagi untuk Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan Pegawai, sedangkan Pimpinan dan Hakim menggunakan Pakaian Sipil Lengkap. Tema pelaksanaan HUT KORPRI ke-47 Tahun 2018 adalah " KORPRI : MELAYANI, BEKERJA DAN MENYATUKAN BANGSA". Hadir dalam upacara tersebut Ketua, Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Pegawai serta tenaga kontrak Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Sususan Petugas Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke 47 Tahun 2018 sebagai berikut:

1. Bukhari, S.H., selaku Pembina Upacara;

2. Saiful Bahri, selaku Pemimpain Upacara;

3. Asmawati, selaku Ajudan Pembina Upacara;

4. Raika Wahdini, S.H.I, M.H, selaku Pembaca UUD 1945;

5. Hurriyah, S.Ag, selaku Pembaca Panca Prasetya KORPRI;

6. Fadhilah, S.H.I, M.Ag, selaku Pembaca Do'a;

7. Abdul Hadi, S.H., selaku Dokumenter;

8. Hafni, S.Ag, selaku Protokoler Tempat; serta

9. Cut Farida Hanum, S.Ag, selaku Pembawa Acara;

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan mengikuti tertib acara yang telah disusun oleh panitia penyelenggara. Dalam kesempatan ini Bukhari, S.H. selaku Pembina Upacara menyampaikan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia selaku penasehat nasional KORPRI pada HUT ke 47 tahun 2018 dengan penuh khidmat. Kemudian acara dilanjutkan sesuai petunjuk pelaksanaan dan ditutup pukul 09.00 WIB disertai foto bersama seluruh aparatur Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Selamat Ulang Tahun KORPRI yang ke-47, semoga dapat meningkatkan pelayanan dan bekerja penuh semangat sehingga dapat menguatkan persatuan bangsa.

Rapat Evaluasi Kinerja Bulan November 2018

Published in Info Terkini
Written by 14 November 2018

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 14 November 2018 jam 08.30 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen mengadakan Rapat Evaluasi Kinerja Bulan November Tahun 2018 di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Rapat dibuka oleh Dhiauddin, S.Ag selaku Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Bireuen dengan dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pegawai serta Tenaga Kontrak. Adapun agenda dari rapat tersebut yaitu :

1.

Peningkatan Disiplin Kinerja

2.

Monitoring dan Evaluasi Aplikasi SIPP

3.

Kebersihan Halaman dan Gedung Kantor

4.

Pengurus Dana Sosial Kantor

5.

Kepengurusan IKAHI

6.

Kepengurusan PTWP

7.

Status Tanah Rumah Dinas dan Kantor

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen memberi arahan atas laporan yang disampaikan oleh sekretaris menyangkut agenda rapat yang telah disusun. Dalam kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyampaikan evaluasi kinerja baik dibidang kepaniteraan, maupun bidang kesekretariatan. Pada kesempatan itu pula, Drs. Syarwandi selaku Panitera juga menyampaikan perihal kepatuhan penggunaan username SIPP dan input data SIPP tepat waktu agar akurasi data SIPP memenuhi target.

Rapat Evaluai Kinerja Bulan November Tahun 2018 ditutup oleh sekretaris tepat pukul 10.00 Wib dengan harapan agar Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat meningkatkan kinerja ke arah yang lebih baik. Amiin...

MS-Bireuen Peringati Hari Pahlawan Ke-73

Published in Info Terkini
Written by 11 November 2018

ms-bireuen.go.id | Senin tanggal 12 November 2018, Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyelenggarakan Upacara Hari Pahlawan Ke-73 di halaman Gedung Kantor Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Upacara tersebut dilaksanakan berdasarkan Instruksi Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 1374/SEK/HM.01.2/11/2018 Tanggal 08 November 2018 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73 Tahun 2018 dengan tema "Semangat Pahlawan di Dadaku". Hadir dalam upacara tersebut Ketua, Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural, Pegawai serta tenaga kontrak Mahkamah Syar'iyah Bireuen.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 73 Tahun 2018 dimulai pukul 08.00 dengan tertib pelaksaaan sebagai berikut:

1. Drs. H. Abdullah, selaku Pembina Upacara;

2. Saiful Bahri, selaku Pemimpain Upacara;

3. Fadhilah, S.Ag, M.Ag, selalku Ajudan Pembina Upacara;

4. Zulfikri, S.H.I, M.H, selaku Pembaca UUD 1945;

5. Hj. Jamilah, S.H., selaku Pembaca Pesan-Pesan Pahlawan/Kata-Kata Mutiara;

6. Drs. Ibrahim Basyah, selaku Pembaca Do'a;

7. Zulham, S.T., selaku Dokumenter;

8. Hafni, S.Ag, selaku Protokoler; dan

9. Cut Farida Hanum, S.Ag, selaku Pembawa Acara;

Dalam upacara tersebut Drs. H. Abdullah yang bertindak sebagai Pembina Upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia dilanjutkan dengan tertib acara sebagaimana yang telah ditentukan. Tepat Pukul 09.00 WIB Upacara Hari Pahlawan ke-73 Tahun 2018 selesai dilaksanakan, dan diakhir acara Mahkamah Syar'iyah Bireuen melakukan sesi Foto Bersama. Sekian..

Rapat Umum/Rutin Triwulan IV Tahun 2018

Published in Info Terkini
Written by 07 November 2018

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 07 November 2018 jam 08.30 WIB Mahkamah Syar'iyah Bireuen mengadakan Rapat Umum / Rutin Bulanan di Ruang Sidang Utama Mahkamah Syar'iyah Bireuen. Rapat dibuka oleh Dhiauddin, S.Ag selaku Sekretaris Mahkamah Syar'iyah Bireuen dengan dihadiri oleh Ketua, Hakim, Pegawai serta Tenaga Kontrak. Adapun agenda dari rapat tersebut yaitu :

1.

Pembinaan dan Perlombaan SIPP, Pelayanan Publik dan Website

2.

Perlombaan Manajemen Peradilan

3.

Kepengurusan Dana Sosial

4.

SK Baperjakat

5.

Laporan Hakim Pengawas Bidang

6.

Laporan Perkara dari Hakim kepada Ketua Setiap Bulan

7.

Status Tanah Rumah Dinas dan Kantor

8.

Kepengurusan IKAHI

9. Kepengurusan PTWP

Selanjutnya, Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen memberi arahan atas laporan yang disampaikan oleh sekretaris menyangkut agenda rapat yang telah disusun. Dalam kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen menyampaikan laporan hasil Pembinaan oleh Dirjen Badilag yang diadakan di Mahkamah Syar'iyah Kualasimpang dan Pembinaan yang diadakan oleh Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh di Banda Aceh. Selain itu, Drs. Amiruddin, S.H, M.H selaku Ketua Mahkamah Syar'iyah Bireuen juga memberikan arahan tentang Lomba Manajemen Peradilan Agama 2018 berdasarkan Surat Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Nomor W1-A/2699/HM.00/11/2018 tanggal 05 Nopember 2018 tentang Lomba Managemen Peradilan Agama 2018. Adapun bidang-bidang yang diperlombakan adalah sebagai berikut :

1.

Implementasi Sistem Informasi Penelurusan Perkara (SIPP);

2.

Pengelolaan Website;

3.

Inovasi Pelayanan Publik;

Adapun penilaian terhadap 3 (tiga) bidang tersebut diatas dilakukan secara mandiri, dan hasilnya harus dikirimkan ke Mahkamah Syar'iyah Bireuen dengan batas Waktu dari tanggal 12 s/d 13 Nopember 2018. Rapat Umum / Rutin tersebut ditutup oleh sekretaris tepat pukul 09.30 Wib dengan harapan agar Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat meraih hasil perlombaan dengan sempurna. Amiin...

ms-bireuen.go.id | Selasa tanggal 06 November 2018, Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah yang bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini terselenggara berkat bekerjasama dengan Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen, serta Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.

Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini bertujuan untuk meringankan beban korban konflik melalui pembebasan biaya perkara khususnya perkara itsbat nikah. Kegiatan ini juga diharapkan agar dapat mewujudkan masyarakat Aceh yang bermartabat, berkeadilan dengan mengamalkan nilai-nilai syariat islam. Mahkamah Syar'iyah Bireuen selaku pelaksana siap menyukseskan kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah dengan dukungan aggota yang terdiri dari Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Operator, dan Petugas Sidang.

Hadir juga dalam acara tersebut Perwakilan Dinas Syariat Islam Aceh, Anggota DPRK Bireuen, Ketua Mahkamah Syar'yah Bireuen, Perwakilan Dinas Syariat Bireuen,  Perwakilan Koramil Kecamatan Peusangan, Perwakilan Polsek Kecamatan Peusangan, Kepala KUA Kecamatan Makmur, Kepala KUA Kecamatan Jangka, Kepala KUA Kecamatan Peusangan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuen. Kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bireuen agar mendapatkan hak atas pengakuan pernikahan yang sudah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, namun tidak ada buku nikah atau buku nikah hilang serta akta kelahiran bagi yang belum memiliki.

Kegiatan ini juga sangat membantu masyarakat Kecamatan Makmur, Kecamatan Jangka dan Kecamatan Peusangan untuk dapat menjadikan status pernikahannya sah secara hukum dan tercatat dalam Administrasi Pemerintahan Daerah maupun Instansi terkait lainnya setempat sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku. Adapun mekanisme pelaksanaan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah adalah dimana setiap Kutipan Penetapan yang diputuskan oleh Hakim Mahkamah Syar’iyah Bireuen dapat langsung diserahkan ke Petugas Kantor Urusan Agama guna diterbitkan Buku Akta Nikah dan Disdukcapil akan menerbitkan Akta Kelahiran terhadap pasangan suami isteri yang telah mempunyai keturunan.

Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah di mulai pada pukul 09.30 WIB diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, mukaddimah serta pembacaan doa agar kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Jumlah perkara yang disidangkan pada kegiatan Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah oleh Mahkamah Syar’iyah Bireuen berjumlah 50 perkara, dari total perkara yang disidangkan terdapat 3 perkara yang digugurka karena para pihak tidak hadir, 1 perkara ditolak karena tidak terbukti dipersidangan, sehingga jumlah perkara yang dikabul sebanyak 46 perkara. Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu selesai dilaksanakan pukul 12.45 WIB, dengan harapan pelayanan terpadu ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Kabupaten Bireuen khususnya masyarakat Kecamatan Makmur, Kecamatan Jangka dan Kecamatan Peusangan. Amiin.....

Sidang Terpadu Perkara Isbat Nikah Tahun 2018

Published in Info Terkini
Written by 01 November 2018

ms-bireuen.go.id | Selasa tanggal 31 Oktober 2018, Mahkamah Syar’iyah Bireuen melaksanakan Sidang Perkara Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu yang bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen. Kegiatan Sidang Perkara Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu ini bekerjasama dengan Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bireuen, Kementerian Agama Kabupaten Bireuen serta Camat Kecamatan Makmur.

Acara yang difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan Makmur ini bertujuan untuk meringankan beban korban konflik melalui pembebasan biaya perkara khususnya perkara itsbat nikah. Kegiatan ini juga dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Bireuen yang bermartabat, berkeadilan dengan mengamalkan nilai-nilai syariat islam. Mahkamah Syar'iyah Bireuen selaku pelaksana persidangan siap menyukseskan kegiatan Pelayanan Sidang Terpadu Itsbat Nikah dengan membawa personil yang terdiri dari Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Operator, dan petugas sidang. Hadir juga dalam acara tersebut Kepala KUA Kecamatan Makmud, Kepala Dinas Syariat Islam, Camat Kecamatan Makmur, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bireuen. Kegiatan Sidang Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kab. Bireuen agar mendapatkan hak atas pengakuan pernikahan yang sudah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, namun tidak ada buku nikah atau buku nikah hilang serta akta kelahiran bagi yang belum memiliki.

Kegiatan ini juga dapat membantu warga Kabupaten Bireuen khususnya masyarakat Kec. Makmur untuk dapat menjadikan status pernikahannya sah secara hukum negara dan tercatat dalam administrasi Kantor Urusan Agama setempat sesuai ketentuan pelaksanaan pelayanan Terpadu dimana setiap perkara yang diputuskan oleh Hakim Mahkamah Syar’iyah Bireuen para Pemohon langsung diberikan Kutipan Penetapan untuk diserahkan ke KUA guna diterbitkan Buku Akta Nikah dan Disdukcapil akan menerbitkan Akta Kelahiran terhadap pasangan suami isteri yang telah mempunyai keturunan.

Kegiatan Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu di mulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, mukaddimah serta pem bacaan doa agar kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Adapun jumlah perkara yang disidangkan oleh Mahkamah Syar’iyah Bireuen berjumlah 30 perkara, yang keseluruhan perkara tersebut berhasil diputus berdasarkan ketentuan hukum dan undang--undang yang berlaku. Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu berakhir pukul 13.00 WIB, dengan harapan pelayana terpadu ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat Kecamatan Makmur khususnya dan semoga tahun depan program Sidang Itsbat Nikah Pelayanan Terpadu ini dapat dilaksanakan kembali. Amiin.....

 

REGISTER ONLINE

Video Profil

Link Website

Statistik Pengunjung

 
 

Lokasi

Gedung Kantor

Alamat Kami

KANTOR MAHKAMAH SYAR'IYAH BIREUEN

Jln. Banda Aceh - Medan Km.210 Blang Bladeh

Telp. 0644-21239 Fax. 0644-324598

Bireuen 24251

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : http://www.ms-bireuen.go.id