Home » Kegiatan Rapat » Rapat Rutin Bulan Juli 2019

Rapat Rutin Bulan Juli 2019

ms-bireuen.go.id | Rabu tanggal 10 Juli 2019 jam 08.30 WIB Mahkamah Syar’iyah Bireuen mengadakan Rapat Rutin Bulan Juli 2019 yang dilaksanakan diruangan sidang utama. Rapat dibuka oleh Sekretaris dan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen yang didampingi oleh Drs. Muhammad Kasim, M.H. selaku Wakil Ketua serta Drs. Syarwandi selaku Panitera Mahkamah Syar’iyah Bireuen. Hadir dalam kegiatan tersebut Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Staf dan Tenaga Kontrak.

Agenda Rapat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Perkara permohonan Eksekusi belum dilaksanakan tanpa alasan hukum yang jelas;
  2. Peningkatan ketertiban dalam pelaksanaan Apel Pagi dan Jumat Sore;
  3. Implementasi PTSP merujuk kepada Keputusan Dirjen Badilag Nomor 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2019;
  4. Larangan melakukan pemungutan biaya konsultasi dan pembuatan gugatan selain yang ditanggung oleh DIPA maupun POSBAKUM;
  5. Penyetoran PNBP sesuai SK KMA No. 57/KMA/SK/III/2019;
  6. Implementasi tentang 5R (Ringkas, Rapih, Resik, Rawat, dan Rajin) dan 3S (Senyum, Salam, dan Sapa);
  7. Kepatuhan user dalam pengisian SIPP sesuai dengan tupoksi masing-masing;
  8. Implementasi One Day Minutes dan One Day Publish pada SIPP harus sesuai dengan berkas fisik perkara
  9. Penetapan beberapa petugas penataan arsip perkara digital yang telah diminutasi;
  10. Komitmen pimpinan dan pegawai terhadap implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu secara berkesinambungan; dan

Drs. Muhammad Kasim, M.H. selaku Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen menyampaikan bimbingan terkait agenda diatas terutama tentang persiapan pembinaan Dirjen Badan Peradilan Agama (Badilag) yang akan diadakan tanggal 14 Juli 2019 di Mahkamah Syar’iyah Aceh. Terdapat beberapa poin penting yang harus diperhatikan yaitu penyelesaian perkara, implementasi One Day Minute dan One Day Publish, Laporan Keuangan Perkara (Dipa 04), Laporan Pendapatan Negera Bukan Pajak (PNBP), akurasi data SIKEP, kepatuhan pengisian LLK, SKP dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen juga menekankan pentingnya meningkatkan kedisplinan seluruh aparatur pengadilan untuk mewujudkan wilayah birokrasi bersih melayani dalam rangka mendukung implementasi Zona Integritas. Dalam upaya menjaga dan meningkatkan kedisplinan aparatur pengadilan, Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Bireuen yang ditunjuk sebagai Ketua Tim Pengawasan Internal agar memonitoring dan evaluasi setiap waktu demi terwujudnya displin sesuai peraturan yang berlaku. Hasil monitoring dan evaluasi dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pembinaan aparatur pengadilan yang dapat dikombinasikan dengan laporan Hakim Pengawas Bidang Mahkamah Syar’iyah Bireuen.

Rapat Rutin Bulanan dilaksanakan sebagai alat untuk evaluasi, monitoring serta review atas hasil monitoring yang telah dilakukan sebelumnya dan juga dapat menjadi wadah keterbukaan informasi di Mahkamah Syar’iyah Bireuen. Tepat pukul 10.00 Wib, rapat ditutup oleh Sekretaris disertai dengan pembacaan hasil kesimpulan rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*